Langsung ke konten utama

Tinggalkan Toluna


Dari penyedia survey TOLUNA, saya sudah dua kali payout, 50rb dua kali. Saya tukarkan dengan voucher Gramedia saat itu.

Setelah itu, no more.

Sampai saat ini, dan untuk selamanya, saya telah hapus keanggotaan darinya.

Toluna memberlakukan aturan poin expired dalam jangka waktu tertentu jika poin tersebut tidak segera ditukar. Kebijakan yang naif, lucu, dan njelehi.

Masuk akal ngga, poin yang diperoleh dengan susah payah mengerjakan dengan mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, serta beli kuota internet, hanya dengan menentukan batas waktu expiry point, dia dengan seenaknya mendelete sejumlah point tertentu.

Maunya mungkin dia pengin semua anggotanya rajin mengerjakan, dan segera ditukar poinnya. Surveynya habis dilalap, tetapi bagi anggota tidak ada kesempatan mengakumulasi poin. Sangat sepihak keuntungannya.

So, bagi anda yang masih betah di Toluna silahkan... kalau saya sudah capek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recehan.com, alternatif fiverr.com berbahasa Indonesia

Hampir serupa dengan fiverr.com dan serba50ribu.com, recehan.com memberikan tempat bagi anda untuk menawarkan jasa apapun seharga 50 ribu rupiah. Ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang serius untuk menjual jasa di internet. Dengan satu kemampuan yang unik anda bisa saja meraih banyak fulus memanfaatkan trafik berbagai website di atas.

Jual kemampuan anda di serba50ribu.com

Mungkin karena terinspirasi dengan fiverr.com, serba50ribu.com yang mulai online sejak Oktober 2011ini ingin memberikan kemudahan bagi pengguna internet indonesia untuk menjual kemampuan mereka, ataupun membeli jasa dengan harga 50 ribu rupiah. Bisa disebut marketplace online dengan semua harga dipatok IDR 50ribu.

Survey panel mana yang paling menghasilkan?

Pertanyaan ini tentunya muncul jika anda sudah mulai mencoba-coba beberapa survey, dan tak kunjung payout. Survey memang salah satu channel untuk mendulang dolar buat mengisi kantong paypal kita. Tak butuh skill khusus untuk melakukannya, hanya menguji kesabaran kita, kapan survey datang, dan ketika ada survey, sabar-sabar aja membaca dan mengerjakannya sampai usai.

Saat ini saya hampir mengikuti penyedia survey, baik indonesia maupun dari negeri manca (istilahe kui lo..). Sebut saja id.ipanelonline, nusaresearch, aipsurvey, ann-kate, panelstation, ipoll, viewfruit, mobrog,globaltestmarket, dan sapidermetrix.

Semua saya ikuti untuk memperdalam filosofi apa sih kok banyak sekali berbondong-bondong ingin menyediakan layanan survey. Yang kebanyakan malah dari negeri manca tersebut. Sementara yang dalam negeri kok malah ngga ada. Tentunya pula, tujuan lainnya adalah, yaitu tadi, mendulang dollar demi kantong paypal.

Setelah hampir setahun, dengan kerja keras dan peluh keringat, saya tahu…