Langsung ke konten utama

Basic teknik seo untuk meningkatkan pengunjung blog


Basic teknik seo untuk meningkatkan pengunjung blog

Seo. Makanan wajib buat blogger kayaknya. Search engine optimization. Adalah teknik untuk mengoptimasi blog agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Ketika search engine mudah menemukan blog kita, pengunjung pun diharapkan datang sebanyak-banyaknya.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung (ID Wikipedia).

Seo -secara teknikal- berusaha mengenali algoritma pencarian search engine (terutama Google) dan kemudian mengakalinya sehingga blog yang kita bisa menempati rangking teratas hasil pencarian.
Saking ngebetnya orang-orang untuk menempati rangking teratas pencarian tersebut, sehingga sampai banyak sekali teknik seo yang terlalu... atau dikenal dengan blackhat seo.


Google bukannya tidak tau. Google selalu mengupdate algoritma pencarian sehingga tidak mudah diakali oleh master2 seo tersebut.  Berdasarkan panduan resmi mesin pencari, teknik seo tidaklah ilegal jika dilakukan dengan mengikuti etika dan aturan yang ada. Hal tersebut untuk menjamin setiap situs web memperoleh kesempatan yang sama dalam pencarian, dan pemeringkatan dilakukan dengan obyektif, di mana yang paling berperan dalam menentukan peringkat suatu halaman web adalah kualitas dan manfaatnya bagi pengguna internet (ID Wikipedia).

Teknik seo dasar yang sudah dikenal luas oleh blogger adalah (indomeeting.com) :

1. Pemilihan nama domain
Carilah nama domain yang sama dengan isi (konten) website, kalau tidak bisa, carilah nama domain yang singkat dan mudah diingat seperti: yahoo, google dll. (karena jika website anda menarik maka visitor akan mudah mengingat nama website anda dan memberitahukan pengalamannya ke teman-temannya).

2. Original content 
Sebisa mungkin buatlah konten yang original, jika terpaksanya kopi paste, usahakan dirombak sampai 50% dari aslinya.

3. Usahakan update konten tiap hari
Robot crawler google bisa jadi setiap hari mengunjungi website anda, jika pas robot google datang buat cek, tetapi website anda pas tidak terupdate maka website anda akan diturunkan "derajat" dengan website lain yang terupdate terus.

4. Buatlah judul dengan H1 H2 dan judul sesuai dengan keyword

5. Berilah font bold atau italic untuk kata kunci

6. Berilah tag "alt" untuk gambar

7. Usahakan nama URL sesuai dengan keyword atau judulnya 

8. Lakukan sewajarnya, jangan berlebih 
Biarkan konten anda natural, tidak usah terlalu memaksakan banyak kata kunci dalam artikel (mengulang terus kata kunci). Terlalu banyak kata kunci malah-malah dianggap webspam oleh Google.

9. Dapatkan backlink dari website lain yang temanya sama

10. Related Artikel
Buatlah artikel dengan tema yang hampir sama. Dan tautkan antar artikel tersebut.

11. Buat suatu kepercayaan pada visitor
Beri informasi kepada pengunjung dengan sesuatu yang valid, walaupun informasi yang anda berikan kurang menarik, tapi dengan menciptakan kejujuran maka para visitor akan tidak malu merekomendasikan website agan ke teman mereka, karena semua hal yang ada di website agan dapat dipercaya.

12. Bangunlah hubungan dengan pengunjung dengan menjawab komentar, kritik, dan saran.

Komentar

  1. mantabs gan informasinya. saya sependapat.

    ketimbang harus pakai software2 blasting yg isinya cuma nyepam web orang lain. :D


    trims atas trik seo nya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Survey panel mana yang paling menghasilkan?

Pertanyaan ini tentunya muncul jika anda sudah mulai mencoba-coba beberapa survey, dan tak kunjung payout. Survey memang salah satu channel untuk mendulang dolar buat mengisi kantong paypal kita. Tak butuh skill khusus untuk melakukannya, hanya menguji kesabaran kita, kapan survey datang, dan ketika ada survey, sabar-sabar aja membaca dan mengerjakannya sampai usai. Saat ini saya hampir mengikuti penyedia survey, baik indonesia maupun dari negeri manca (istilahe kui lo..). Sebut saja id.ipanelonline, nusaresearch, aipsurvey, ann-kate, panelstation, ipoll, viewfruit, mobrog,globaltestmarket, dan sapidermetrix. Semua saya ikuti untuk memperdalam filosofi apa sih kok banyak sekali berbondong-bondong ingin menyediakan layanan survey. Yang kebanyakan malah dari negeri manca tersebut. Sementara yang dalam negeri kok malah ngga ada. Tentunya pula, tujuan lainnya adalah, yaitu tadi, mendulang dollar demi kantong paypal. Setelah hampir setahun, dengan kerja keras dan peluh keringat

Tips Meningkatkan Traffic Blog Anda

By: Bambosi.Com Langkah awal yang harus anda penuhi sebelum menuju kesuksesan dalam bisnis online adalah mencari traffic / pengunjung. Tujuan kita melakukan optimasi, mengeluarkan uang untuk biaya iklan dan berusaha mengupdate konten seoriginal mungkin adalah mengharapkan traffic untuk blog kita. Seberapa pentingkah traffic bagi blog? Bagi saya sangat penting dan mencari traffic adalah langkah sebelum memulai bisnis online. Setelah menyelesaikan konsep bisnis online sesempurna mungkin, ada baiknya anda memulai langkah selanjutnya yaitu kembali membuat konsep untuk mendatangkan traffic bagi blog anda. Dan disinilah sebuah proses yang sangat melelahkan dan apabila berhasil melewatinya maka sudah dapat dipastikan 50% bisnis online anda akan berhasil.

Mengintip user Indonesia berpenghasilan terbesar di microworkers

Microworkers memang bukanlah website yang bisa menyediakan uang untuk hidup sehari-hari. Dalam rilisnya di prlog.com , dia hanya menjanjikan penghasilan tambahan yang kadang diperlukan dalam hidup anda. Disamping juga ber-having fun dalam menggunakan internet. Di microworkers, anda bisa mengenal berbagai tipe riil internet marketing dalam menjaring trafik natural. Sebagai inspirasi untuk ditiru dan dikembangkan. Meskipun begitu, pernah ngga sih anda membayangkan ada user microworkers Indonesia yang berhasil mendapatkan earning mencapai $ 1,000. Kalau dalam rupiah ya sekitar 9.500.000. Ternyata ada beberapa user microworkers Indonesia yang telah berhasil mencapai angka tersebut. Bahkan melebihi. Sebut saja andriana0930 . User asal Bandung ini berpenghasilan $1,227. Mangstab bener.  Sedangkan dove707 yang berasal dari Jaksel hampir mencapai $2,000, tepatnya $1,711. Lebih lengkapnya coba anda perhatikan gambar di bawah.