Langsung ke konten utama

Apakah bisnis online mengharuskan anda memiliki blog

Apakah bisnis online mengharuskan anda memiliki blog ? Menurut saya, tidak harus.
Tergantung jenis bisnis model apa yang anda kembangkan. Kita bisa melihat pola peluang bisnis online adalah seperti berikut:

Menjual barang/jasa dengan bantuan internet.
Anda mempunyai barang yang sebelumnya sudah ada di toko biasa. Untuk meningkatkan scope penjualan, anda menawarkan barang melalui internet. Usaha ini bisa dilakukan tanpa mempunyai blog. Daftar saja di forum atau website yang  menyediakan layanan jual beli. Seperti : FJB kaskus, berniaga.com, tokopedia.com, tokobagus.com, dll.

Monetize blog
Nah selain itu anda pasti sudah mengenal bagaimana model mendapatkan uang dengan blog. Biasa disebut monetize blog. Bisa memanfaatkan blog untuk menampilkan iklan (iklan berdasarkan klik /pay per click), menampilkan link untuk affiliate, ataupun memanfaatkannya untuk review website lain (paid to review). Ini yang mengharuskan anda mempunyai blog.

Menjual kemampuan kita
Memperoleh earning dari website-website tertentu yang membolehkan kita untuk menawarkan jasa. Seperti fiverr.com, serba50ribu.com, gobann.com, juga tidak memerlukan blog. Anda bisa langsung menawarkan kemampuan yang anda kuasai. Menulis artikel di web-web tertentu juga tidak mengharuskan kita mempunyai blog.

Selengkapnya liat di page index usaha online.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recehan.com, alternatif fiverr.com berbahasa Indonesia

Hampir serupa dengan fiverr.com dan serba50ribu.com, recehan.com memberikan tempat bagi anda untuk menawarkan jasa apapun seharga 50 ribu rupiah. Ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang serius untuk menjual jasa di internet. Dengan satu kemampuan yang unik anda bisa saja meraih banyak fulus memanfaatkan trafik berbagai website di atas.

Jual kemampuan anda di serba50ribu.com

Mungkin karena terinspirasi dengan fiverr.com, serba50ribu.com yang mulai online sejak Oktober 2011ini ingin memberikan kemudahan bagi pengguna internet indonesia untuk menjual kemampuan mereka, ataupun membeli jasa dengan harga 50 ribu rupiah. Bisa disebut marketplace online dengan semua harga dipatok IDR 50ribu.

Survey panel mana yang paling menghasilkan?

Pertanyaan ini tentunya muncul jika anda sudah mulai mencoba-coba beberapa survey, dan tak kunjung payout. Survey memang salah satu channel untuk mendulang dolar buat mengisi kantong paypal kita. Tak butuh skill khusus untuk melakukannya, hanya menguji kesabaran kita, kapan survey datang, dan ketika ada survey, sabar-sabar aja membaca dan mengerjakannya sampai usai.

Saat ini saya hampir mengikuti penyedia survey, baik indonesia maupun dari negeri manca (istilahe kui lo..). Sebut saja id.ipanelonline, nusaresearch, aipsurvey, ann-kate, panelstation, ipoll, viewfruit, mobrog,globaltestmarket, dan sapidermetrix.

Semua saya ikuti untuk memperdalam filosofi apa sih kok banyak sekali berbondong-bondong ingin menyediakan layanan survey. Yang kebanyakan malah dari negeri manca tersebut. Sementara yang dalam negeri kok malah ngga ada. Tentunya pula, tujuan lainnya adalah, yaitu tadi, mendulang dollar demi kantong paypal.

Setelah hampir setahun, dengan kerja keras dan peluh keringat, saya tahu…